Langsung ke konten utama

Notulen Rapat & Survey


Notulen Rapat
Hari/Tanggal   : Jum’at, 6 Oktober 2017
Waktu              : 10.00 WIB – 11.00 WIB
Tempat            : TK Cempaka Wangi, Jakarta Barat
Peserta Hadir  : Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota] 
  Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Agenda           : Pembahasan Tentang:
                       
1. Hari dan waktu mengajar di TK Cempaka Wangi
                        2. Materi yang akan disampaikan saat mengajar.
                        3. Pembagian tugas


KEPUTUSAN-KEPUTUSAN
1.                  Sepakat untuk mengajar di TK Cempaka Wangi setiap hari Jum’at dimulai pada jam 08:30 WIB, sebanyak 5 (lima) kali pertemuan.
2.                  Materi yang disepakati secara rinci, antara lain:
·         Minggu Pertama         : Menggambar hewan bebas
·         Minggu Kedua            : Mewarnai hewan
·         Minggu Ketiga            : Mini games
·         Minggu Keempat        : Melipat Origami
·         Minggu Kelima           : Menari bersama

3.                  Satu kelas diisi oleh kami yang berjumlah 5 orang, kelas yang kami ajarkan adalah kelas TK B yang berusia 5-6 tahun.



(Kegiatan rapat)


(Murid-murid TK Cempaka Wangi)



CBDC – TFI
Character Building  Pancasila


``````````````````




            MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP



IdentitasKelompok 4

No
Nim
Nama
Jabatan (ketua, sekertaris, anggota)
·          
2101666573
Ghozi Arief Rahvy
Ketua
·          
2101715360
Ananta Pratama
Anggota
·          
2101670936
Salsabila A. Mahbub
Anggota
·          
2101663514
Samantha N. Nawilis
Anggota
·          
2101675400
Nawaf
Anggota





Kelas
LA 33






BINUS UNIVERSITY
2017-2018


HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR

Project LuarKelas Character Building Pancasila


1.
Judul Project
:
Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
2
Lokasi Project
:
TK Cempaka Wangi Jl. CempakaPutih Barat II B No. 24 Jakarta Pusat
3
Kelompok target kegiatan
:
Kelompok Anak Usia Dini
4.
Nama Anggota Kelompok
:
Kelompok 4

1.
:
Ghozi Arief Rahvy

2.
:
Ananta Pratama

3
:
Salsabila A. Mahbub

4.
5.

:
:
Samantha N. Nawilis
Nawaf


5
Mata Kuliah
:
Character Building Pancasila
6
Kelas
:
LA 33
7.
Dosen
:
Christofora Megawati T




Jakarta, 13 Oktober 2017

Mengetahui





(ChristoforaMegawati T)
Dosen CB Pancasila

KetuaKelompok





( GhoziAriefRahvy )



DAFTAR ISI


HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL………………………………………….        2

Daftar Isi ……………………………………………………………………………...         3

BAB I : PENDAHULUAN…………………………………………………...………        4
I. Latar Belakang……………………………………………………..………          4
II. Permasalahan………………………………………………….…………..          5
III. Tujuan…………………………………………………... ……………….          5

BABII :METODE KEGIATAN ……………………………….……………….…..           6
I. Kegiatan…………………………………………………………….……..           6
II. WaktudanTempatPelaksanaan …………………………………………. 6

BABIII :MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP………………………………………………………...        7














BAB I

Pendahuluan


                   I.            LatarBelakang

Di era moderenisasi saat ini, meskipun banyaknya  media informasi tidak membuatanak-anak menjadi lebih peduli terhadap sesame makhluk hidup tanpa adanya ajakan atau dorongan dari para orang dewasa sehingga masih banyak anak-anak yang kurang mengerti tentang pentingnya menyayangi makhlukhidup.

Binatang adalah kelompok utama dari multiseluler, organisme eukariotik dari Animalia kingdom atau Metazoa. Binatang bisa juga disebut dengan fauna maupun satwa, binatang adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta.

Sudah banyak media yang mengangkat tema pengenalan binatang bagi anak usiadini di pasaran saa tini, seperti poster binatang dan buku-buku ensiklopedia namun sayangn yahingga saat ini, media-media tersebut belum mampu menjadi media pengenalan binatang yang dapat menarik anak untuk melestarikan, melindungi, dan menyayangi binatang. Pada masausia 5 sampai 7 tahun anak mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima rangsangan, anak mudah sekali menangkaphal- hal yang di anggap baru sehingga penting sekali untuk anak mempelajari tentang binatang.

                II.            Permasalahan

Saatini, masih ada saja anak-anak yang menyiksa atau melakukan kekerasan terhadap makhluk hidup salah satunya seperti Kucingliar. Biasanya mereka terpengaruh dari film atau game yang mengandung kekerasan mereka mencontoh hal tersebut dan menjadikan binatang liar sebagai objek pelampiasan.
             III.            Tujuan

            Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK berbudi pekerti yang baik, membuat suatu karya yang bertemakan binatang, dan lebih meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap hewan liar maupun hewan yang dilindungi. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik anak usia dini agar mengetahui tentang pendidikan Pancasila tepatnya pada sila ke-2 yang berbunyi “kemanusian yang adil dan beradab”




















BAB II

MetodeKegiatan

       I.            Untuk melakukan kegiatan tersebut, maka berikut adalah daftar rencana kegiatan yang akan kami lakukan.


    II.            Waktu dan Tempat Pelaksanaan



NO
KEGIATAN
HARI / TANGGAL
WAKTU
TEMPAT
1
Menggambar hewan bebas
Jumat 20-10-2017
08.00-10.00
Tk cempaka wangi
2
Mewarnaihewan
Jumat 27-10-2017
08.00-10.00
Tk cempaka wangi
3
Bermain mini game
Jumat 10-11-2017
08.000-10.00
Tk cempaka wangi
4
Melipat Origami
Jumat 17-11-2017
08.00-10.00
Tk cempaka wangi
5
Menari baby sharkbersama
Jumat 24-11-2017
08.00-10.00
Tk cempaka wangi












BAB III

Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup




                  Terkadang ada banyaknya hewan-hewan yang masih dianggap tidak pantas untuk mendapatkan kasih sayang manusia walaupun sebenarnya mereka juga membutuhkan lingkungan hidup yang bisa membua tmereka berada dalam zona nyaman layaknya manusia yang tinggal dengan nyaman di lingkungannya. Sebab secara hokum alam hewan sangatlah penting bagi ekosistem. Dengan menyayangi sesame makhluk hidup berarti sama dengan kita menjaga keseimbangan ekosistem yang dimana saling berhubungan dan tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya
     
                  Hal ini bisa di katakana bahwa terjadinya simbiosis mutualisme antara makhluk hidup yang tidak hanya saling menguntungkan dari segiekosistem, manusia selalu membutuhkan yang namanya makanan begitupun hewan, keduanya membutuhkan lingkungan untuk mempertahankan hidup dan beradaptasi, dalam artian jika kehidupan manusia dan hewan berjalan dengan harmonis maka akan menciptakan suatu lingkungan baik.


                  Maka dari itu kami bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK pentingnya menjaga dan melestarikan hewan agar anak-anak bisa menyadari bahwa tidak hanya menyayangi sesame manusia tetapi juga menyayangi tiap-tiap makhluk hidup yang ada di dunia.








Komentar