Notulen Rapat
Hari/Tanggal : Jum’at, 6 Oktober 2017
Waktu : 10.00 WIB – 11.00
WIB
Tempat :
TK Cempaka Wangi,
Jakarta Barat
Peserta Hadir : Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota]
Nawaf - 2101675400 [Anggota]
Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Agenda :
Pembahasan Tentang:
1.
Hari dan waktu mengajar di TK
Cempaka Wangi
2.
Materi yang akan disampaikan saat mengajar.
3.
Pembagian tugas
KEPUTUSAN-KEPUTUSAN
1. Sepakat
untuk mengajar di TK Cempaka Wangi setiap
hari Jum’at dimulai pada jam 08:30 WIB, sebanyak 5 (lima) kali pertemuan.
2. Materi
yang disepakati secara rinci, antara lain:
· Minggu
Pertama : Menggambar hewan bebas
· Minggu
Kedua : Mewarnai hewan
· Minggu
Ketiga :
Mini games
· Minggu
Keempat : Melipat Origami
· Minggu
Kelima : Menari bersama
3. Satu kelas diisi oleh kami yang berjumlah 5
orang, kelas yang kami ajarkan adalah kelas TK B yang berusia 5-6 tahun.
(Kegiatan rapat)
(Murid-murid TK Cempaka Wangi)
CBDC – TFI
Character Building Pancasila
MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP
IdentitasKelompok 4
No
|
Nim
|
Nama
|
Jabatan (ketua, sekertaris, anggota)
|
·
|
2101666573
|
Ghozi Arief Rahvy
|
Ketua
|
·
|
2101715360
|
Ananta Pratama
|
Anggota
|
·
|
2101670936
|
Salsabila A. Mahbub
|
Anggota
|
·
|
2101663514
|
Samantha N. Nawilis
|
Anggota
|
·
|
2101675400
|
Nawaf
|
Anggota
|
Kelas
|
LA 33
|
BINUS UNIVERSITY
2017-2018
HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
Project LuarKelas Character Building Pancasila
1.
|
Judul Project
|
:
|
Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
|
2
|
Lokasi Project
|
:
|
TK Cempaka Wangi Jl. CempakaPutih Barat II B No. 24 Jakarta Pusat
|
3
|
Kelompok target kegiatan
|
:
|
Kelompok Anak Usia Dini
|
4.
|
Nama Anggota Kelompok
|
:
|
Kelompok 4
|
1.
|
:
|
Ghozi Arief Rahvy
| |
2.
|
:
|
Ananta Pratama
| |
3
|
:
|
Salsabila A. Mahbub
| |
4.
5.
|
:
:
|
Samantha N. Nawilis
Nawaf
| |
5
|
Mata Kuliah
|
:
|
Character Building Pancasila
|
6
|
Kelas
|
:
|
LA 33
|
7.
|
Dosen
|
:
|
Christofora Megawati T
|
Jakarta, 13 Oktober 2017
Mengetahui
(ChristoforaMegawati T)
Dosen CB Pancasila
|
KetuaKelompok
( GhoziAriefRahvy )
|
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL…………………………………………. 2
Daftar Isi ……………………………………………………………………………... 3
BAB I : PENDAHULUAN…………………………………………………...……… 4
I. Latar Belakang……………………………………………………..……… 4
II. Permasalahan………………………………………………….………….. 5
III. Tujuan…………………………………………………... ………………. 5
I. Latar Belakang……………………………………………………..……… 4
II. Permasalahan………………………………………………….………….. 5
III. Tujuan…………………………………………………... ………………. 5
BABII :METODE KEGIATAN ……………………………….……………….….. 6
I. Kegiatan…………………………………………………………….…….. 6
II. WaktudanTempatPelaksanaan …………………………………………. 6
I. Kegiatan…………………………………………………………….…….. 6
II. WaktudanTempatPelaksanaan …………………………………………. 6
BABIII :MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP………………………………………………………... 7
BAB I
Pendahuluan
I. LatarBelakang
Di era moderenisasi saat ini, meskipun banyaknya media informasi tidak membuatanak-anak menjadi lebih peduli terhadap sesame makhluk hidup tanpa adanya ajakan atau dorongan dari para orang dewasa sehingga masih banyak anak-anak yang kurang mengerti tentang pentingnya menyayangi makhlukhidup.
Binatang adalah kelompok utama dari multiseluler, organisme eukariotik dari Animalia kingdom atau Metazoa. Binatang bisa juga disebut dengan fauna maupun satwa, binatang adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta.
Sudah banyak media yang mengangkat tema pengenalan binatang bagi anak usiadini di pasaran saa tini, seperti poster binatang dan buku-buku ensiklopedia namun sayangn yahingga saat ini, media-media tersebut belum mampu menjadi media pengenalan binatang yang dapat menarik anak untuk melestarikan, melindungi, dan menyayangi binatang. Pada masausia 5 sampai 7 tahun anak mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima rangsangan, anak mudah sekali menangkaphal- hal yang di anggap baru sehingga penting sekali untuk anak mempelajari tentang binatang.
II. Permasalahan
Saatini, masih ada saja anak-anak yang menyiksa atau melakukan kekerasan terhadap makhluk hidup salah satunya seperti Kucingliar. Biasanya mereka terpengaruh dari film atau game yang mengandung kekerasan mereka mencontoh hal tersebut dan menjadikan binatang liar sebagai objek pelampiasan.
III. Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK berbudi pekerti yang baik, membuat suatu karya yang bertemakan binatang, dan lebih meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap hewan liar maupun hewan yang dilindungi. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik anak usia dini agar mengetahui tentang pendidikan Pancasila tepatnya pada sila ke-2 yang berbunyi “kemanusian yang adil dan beradab”
BAB II
MetodeKegiatan
I. Untuk melakukan kegiatan tersebut, maka berikut adalah daftar rencana kegiatan yang akan kami lakukan.
II. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
NO
|
KEGIATAN
|
HARI / TANGGAL
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
1
|
Menggambar hewan bebas
|
Jumat 20-10-2017
|
08.00-10.00
|
Tk cempaka wangi
|
2
|
Mewarnaihewan
|
Jumat 27-10-2017
|
08.00-10.00
|
Tk cempaka wangi
|
3
|
Bermain mini game
|
Jumat 10-11-2017
|
08.000-10.00
|
Tk cempaka wangi
|
4
|
Melipat Origami
|
Jumat 17-11-2017
|
08.00-10.00
|
Tk cempaka wangi
|
5
|
Menari baby sharkbersama
|
Jumat 24-11-2017
|
08.00-10.00
|
Tk cempaka wangi
|
BAB III
Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
Terkadang ada banyaknya hewan-hewan yang masih dianggap tidak pantas untuk mendapatkan kasih sayang manusia walaupun sebenarnya mereka juga membutuhkan lingkungan hidup yang bisa membua tmereka berada dalam zona nyaman layaknya manusia yang tinggal dengan nyaman di lingkungannya. Sebab secara hokum alam hewan sangatlah penting bagi ekosistem. Dengan menyayangi sesame makhluk hidup berarti sama dengan kita menjaga keseimbangan ekosistem yang dimana saling berhubungan dan tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya
Hal ini bisa di katakana bahwa terjadinya simbiosis mutualisme antara makhluk hidup yang tidak hanya saling menguntungkan dari segiekosistem, manusia selalu membutuhkan yang namanya makanan begitupun hewan, keduanya membutuhkan lingkungan untuk mempertahankan hidup dan beradaptasi, dalam artian jika kehidupan manusia dan hewan berjalan dengan harmonis maka akan menciptakan suatu lingkungan baik.
Maka dari itu kami bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK pentingnya menjaga dan melestarikan hewan agar anak-anak bisa menyadari bahwa tidak hanya menyayangi sesame manusia tetapi juga menyayangi tiap-tiap makhluk hidup yang ada di dunia.



Komentar
Posting Komentar