CBDC
– TFI
Character
Building Pancasila
MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING
MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP
Identitas
Kelompok 4
No
|
Nim
|
Nama
|
Jabatan
(ketua, sekertaris, anggota)
|
·
|
2101666573
|
Ghozi
Arief Rahvy
|
Ketua
|
·
|
2101715360
|
Ananta
Pratama
|
Anggota
|
·
|
2101670936
|
Salsabila
A. Mahbub
|
Anggota
|
·
|
2101663514
|
Samantha
N. Nawilis
|
Anggota
|
·
|
2101675400
|
Nawaf
|
Anggota
|
Kelas
|
LA
33
|
BINUS UNIVERSITY
2017-2018
HALAMAN
PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
Project
Luar Kelas Character Building Pancasila
1.
|
Judul Project
|
:
|
Mengajarkan Anak
Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
|
2
|
Lokasi Project
|
:
|
TK Cempaka Wangi Jl. Cempaka Putih
Barat II B No. 24 Jakarta Pusat
|
3
|
Kelompok target kegiatan
|
:
|
Kelompok Anak Usia Dini
|
4.
|
Nama Anggota Kelompok
|
:
|
Kelompok 4
|
1.
|
:
|
Ghozi Arief Rahvy
|
|
2.
|
:
|
Ananta Pratama
|
|
3
|
:
|
Salsabila A. Mahbub
|
|
4.
5.
|
:
:
|
Samantha N. Nawilis
Nawaf
|
|
5
|
Mata Kuliah
|
:
|
Character Building Pancasila
|
6
|
Kelas
|
:
|
LA 33
|
7.
|
Dosen
|
:
|
Christofora Megawati T
|
Jakarta, 13 Oktober
2017
Mengetahui
(Christofora
Megawati T)
Dosen CB Pancasila
|
KetuaKelompok
( Ghozi Arief Rahvy
)
|
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL…………………………………………. 2
Daftar Isi ……………………………………………………………………………... 3
BAB I :
PENDAHULUAN…………………………………………………...……… 4
I. Latar Belakang……………………………………………………..……… 4
II. Permasalahan………………………………………………….………….. 5
III. Tujuan…………………………………………………... ………………. 5
I. Latar Belakang……………………………………………………..……… 4
II. Permasalahan………………………………………………….………….. 5
III. Tujuan…………………………………………………... ………………. 5
BABII :METODE KEGIATAN ……………………………….……………….….. 6
I. Kegiatan…………………………………………………………….…….. 6
II. Waktu dan Tempat Pelaksanaan …………………………………………. 6
I. Kegiatan…………………………………………………………….…….. 6
II. Waktu dan Tempat Pelaksanaan …………………………………………. 6
BABIII :MENGAJARKAN ANAK
UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP………………………………………………………... 7
BAB
I
Pendahuluan
I.
Latar Belakang
Di era
moderenisasi saat ini, meskipun banyaknya
media informasi tidak membuat anak-anak menjadi lebih peduli terhadap
sesama makhluk hidup tanpa adanya ajakan atau dorongan dari para orang dewasa
sehingga masih banyak anak-anak yang kurang mengerti tentang pentingnya
menyayangi makhluk hidup.
Binatang adalah
kelompok utama dari multiseluler, organisme eukariotik dari Animalia kingdom
atau Metazoa. Binatang bisa juga disebut dengan fauna maupun satwa, binatang
adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta.
Sudah banyak
media yang mengangkat tema pengenalan binatang bagi anak usia dini di pasaran
saat ini, seperti poster binatang dan buku-buku ensiklopedia namun sayangnya
hingga saat ini, media-media tersebut belum mampu menjadi media pengenalan
binatang yang dapat menarik anak untuk melestarikan, melindungi, dan menyayangi
binatang. Pada masa usia 5 sampai 7 tahun anak mengalami masa keemasan yang
merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima rangsangan, anak mudah
sekali menangkap hal-hal yang di anggap baru sehingga penting sekali untuk anak
mempelajari tentang binatang.
II.
Permasalahan
Saat ini, masih ada saja anak-anak yang menyiksa
atau melakukan kekerasan terhadap makhluk hidup salah satunya seperti Kucing
liar. Biasanya mereka terpengaruh dari film atau game yang mengandung kekerasan
mereka mencontoh hal tersebut dan menjadikan binatang liar sebagai objek
pelampiasan.
III.
Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk
mengajarkan anak-anak TK berbudi pekerti yang baik, membuat suatu karya yang
bertemakan binatang, dan lebih meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap
hewan liar maupun hewan yang dilindungi. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan
untuk mendidik anak usia dini agar mengetahui tentang pendidikan Pancasila tepatnya
pada sila ke-2 yang berbunyi “kemanusian yang adil dan beradab”
BAB
II
Metode
Kegiatan
I.
Untuk melakukan kegiatan tersebut, maka berikut
adalah daftar rencana kegiatan yang akan kami lakukan.
II.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
NO
|
KEGIATAN
|
HARI /
TANGGAL
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
1
|
Menggambar
hewan bebas
|
Jumat
20-10-2017
|
08.00-10.00
|
Tk
Cempaka Wangi
|
2
|
Mewarnai
hewan
|
Jumat
27-10-2017
|
08.00-10.00
|
Tk
Cempaka Wangi
|
3
|
Bermain
mini game
|
Jumat
10-11-2017
|
08.00-10.00
|
Tk
Cempaka Wangi
|
4
|
Melipat
Origami
|
Jumat
17-11-2017
|
08.00-10.00
|
Tk
Cempaka Wangi
|
5
|
Menari
Baby Shark bersama
|
Jumat
24-11-2017
|
08.00-10.00
|
Tk
Cempaka Wangi
|
BAB
III
Mengajarkan
Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
Terkadang ada banyaknya hewan-hewan yang masih
dianggap tidak pantas untuk mendapatkan kasih sayang manusia walaupun
sebenarnya mereka juga membutuhkan lingkungan hidup yang bisa membua tmereka
berada dalam zona nyaman layaknya manusia yang tinggal dengan nyaman di
lingkungannya. Sebab secara hokum alam hewan sangatlah penting bagi ekosistem.
Dengan menyayangi sesame makhluk hidup berarti sama dengan kita menjaga keseimbangan
ekosistem yang dimana saling berhubungan dan tak terpisahkan antara makhluk hidup
dan lingkungannya
Hal ini bisa di katakana bahwa terjadinya simbiosis
mutualisme antara makhluk hidup yang tidak hanya saling menguntungkan dari
segiekosistem, manusia selalu membutuhkan yang namanya makanan begitupun hewan,
keduanya membutuhkan lingkungan untuk mempertahankan hidup dan beradaptasi,
dalam artian jika kehidupan manusia dan hewan berjalan dengan harmonis maka
akan menciptakan suatu lingkungan baik.
Maka dari itu kami bertujuan untuk mengajarkan
anak-anak TK pentingnya menjaga dan melestarikan hewan agar anak-anak bisa menyadari
bahwa tidak hanya menyayangi sesama manusia tetapi juga menyayangi tiap-tiap
makhluk hidup yang ada di dunia.
BAB IV
PELAKSAAN KEGIATAN MENGAJARKAN ANAK UNTUK
SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP
A.
Notulen Rapat
Hari/Tanggal : Jum’at, 6 Oktober 2017
Waktu : 10.00 WIB – 11.00
WIB
Tempat :
TK Cempaka Wangi,
Jakarta Barat
Peserta Hadir : Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota]
Nawaf - 2101675400 [Anggota]
Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Agenda :
Pembahasan Tentang:
1.
Hari dan waktu mengajar di TK
Cempaka Wangi
2.
Materi yang akan disampaikan saat mengajar.
3.
Pembagian tugas
KEPUTUSAN-KEPUTUSAN
1. Sepakat
untuk mengajar di TK Cempaka Wangi setiap
hari Jum’at dimulai pada jam 08:30 WIB, sebanyak 5 (lima) kali pertemuan.
2. Materi
yang disepakati secara rinci, antara lain:
· Minggu
Pertama : Menggambar hewan bebas
· Minggu
Kedua : Mewarnai hewan
· Minggu
Ketiga :
Mini games
· Minggu
Keempat : Melipat Origami
· Minggu
Kelima : Menari bersama
3. Satu kelas diisi oleh kami yang berjumlah 5
orang, kelas yang kami ajarkan adalah kelas TK B yang berusia 5-6 tahun.
B.
KELOMPOK 4 -
Pertemuan 1
Hari,
Tanggal: Jumat, 20 Oktober 2017
Tempat:
TK Cempaka Wangi
Nama Anggota yang
hadir:
- Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
- Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota]
- Nawaf - 2101675400 [Anggota]
- Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
- Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada tanggal 20 Oktober 2017 kami mengunjungi TK Cempaka Wangi
yang terletak di daerah Cempaka Putih untuk melaksanakan tugas dalam rangka
melakukan kegiatan sosial yang bertemakan kemanusiaan . Di hari
pertama kami mengajar pada jam 08.03 pagi, kami disambut
oleh anak-anak dengan penuh semangat. Kami memulainya dengan mencoba
mengeksplor atau menggali kemampuan anak anak dalam segi keterampilan
(menggambar) dan tema yang kami berikan adalah tentang fauna yang mereka sukai.
Kami disini mengajar untuk kelas TK B yang terdiri dari 21 anak
yang mempunyai imajinasi yang luas. Semangat kami membara atau menjadi tinggi
untuk melakukan sesuatu yang membuat mereka mengeluarkan imajinasinya dan
membuat mereka senang apa yang mereka lakukan. Maka dari itu kami memberikan
sebuah tugas untuk mereka kerjakan.
Di sesi pertama mereka banyak mengeluarkan ide ide yang sangat
unik dan mereka membuat kami ingin mengetahui apa yang mereka gambarkan. Di
sesi kedua kami memberikan tugas untuk yang berikutnya yaitu mewarnai yang
mereka gambarkan. Selama kami memberikan tugas ini, mereka terlihat
senang dalam melakukan kegiatan yang kami berikan. Disini kami terkejut dengan
hasil hasil yang mereka lakukan karena mereka mengeluarkan ide ide yang bisa di
katakan sulit untuk di tebak.
Setelah itu, kami telah selesai melakukan kegiatan mengajar
di hari pertama dan mereka menunggu kami di hari berikutnya untuk bertemu kami
dan mengerjakan apa yang kami berikan untuk mereka. Disitu kami melihat
antusias dari muka meraka untuk melakukan sesuatu yang baru yang membuat mereka
senang akan apa yang mereka lakukan.
C.
KELOMPOK 4 - Pertemuan ke 2
Hari, TAnggal: Jumat, 27 Oktober 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi
Nama Anggota yang hadir:
- Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
- Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota]
- Nawaf - 2101675400 [Anggota]
- Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
- Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada tanggal 27 Oktober 2017 kami melakukan kegiatan mengajar di TK Cempaka Wangi. Ini merupakan kegiatan mengajar kami yang ke 2. Kami mengajar pada jam 8.30 pagi kami bertemu dengan mereka dengan sangat senang dan bersemangat, mereka pun juga menyambut kedatangan kami dengan antusias.Kami pun memulai dengan mengucapkan salam dan selalu mencoba mengingatkan kembali kepada mereka nama-nama kami satu per satu. Sebagian dari mereka masih mengingat kami ,kami sangat senang karena mereka masih mengingat kami dan menyambut kami dengan semangat mereka.
Di minggu ke dua
ini tema kami dalam melakukan kegiatan mengajar adalah mewarnai. kami
telah menyediakan gambar berupa hewan singa,monyet,ayam, dan kucing.
banyak anak-anak yang sangat senang dalam mewarnai rata-rata
yang mereka sukai adalah mewarnai hewan kucing dan singa. dari semua anak
yang ada, kami melihat anak perempuan lebih suka mewarnai kucing
sedangkan anak laki-laki lebih menyukai singa. Anak-anak sangat antusias dalam
melakukan kegiatan ini. Mereka mewarnai dengan warna yang mereka sukai dan
mereka bebas berkreasi dengan warna yang mereka inginkan. Setelah sesi mewarnai
dengan warna bebas, lalu kami mengajarkan kepada mereka cara disiplin mewarnai,
dalam kegiatan tersebut kami membimbing anak- anak agar mewarnai dengan benar,
seperti mewarnai dengan tidak melewati garis. setelah mereka
mewarnai kita meminta anak anak untuk mendeskripsikan hewa- hewan yang telah
mereka warnai. Kami pun memberikan apresiasi berupa tepuk tangan.
Setelah berapa lama,
tidak terasa jam sudah menunjukan pukul 10:00 yang menunjukan bahwa sudah
waktunya anak-anak untuk pulang. Kami pun berpamitan kepada mereka dengan
mengucapkan salam kemudian mereka menjawab salam kami. Setelah itu kami keluar
kelas dan berpamitan dengan guru-guru yang sedang berada di ruang
guru.
D.
KELOMPOK
4 - Pertemuan ke 3
Hari,
Tanggal: Jumat, 10 November 2017
Tempat:
TK Cempaka Wangi
Nama Anggota yang hadir:
- Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
- Nawaf - 2101675400 [Anggota]
- Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
- Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota
Pada tanggal 10 November
2017 kami memulai minggu yang ke 3 seperti biasanya kami disambut dengan hangat
dan ceria oleh anak-anak TK Cempaka Wangi .Kami mengawali dengan mengucapkan
salam kepada mereka ,merekapun menjawab salam dan mereka bertanya-tanya apa
yang akan kami ajarkan pada minggu ke tiga ini ,kami memberitahu mereka bahwa
pada minggu ketiga ini kami akan bermain sambil belajar dengan kuis,
mereka dengan sangat senang mengatakan bahwa mereka juga menyukai kuis ,
setelah itu kami memberitahu kepada mereka bahwa kami mengingatkan dahulu
materi yang kami berikan sebelumnya. Semangat tanpa kenal lelah seperti
biasanya kami memulai kegiatan kami pada hari ketiga ini
Karena tema kami pada
minggu ini adalah belajar sambil bermain kami memberikan kuis tentang ciri-ciri
hewan dan habitat hewan itu,kami membagi mereka menjadi tiga kelompok yaitu
kelompok merah,biru,dan hijau. Kami memberi peraturan bermain yaitu kami akan
memberikan pertanyaan dan kami hitung satu sampai tiga jika mereka dapat
menjawab pertanyaan kami mereka harus mengangkat tangan mereka terlebih
dahulu jika yang tercepat mengangkat tangan, kami akan menunjuk mereka dan
mereka dapat kesempatan untuk menjawab. Pertanyaan yang kami berikan berupa
ciri-ciri dengan hewan yang bertempat tinggal di darat ,air dan udara. Mereka
pun mengangkat tangan dengan berebut untuk mendapat poin tertinggi dalam
kelompok mereka dangan penuh semangat. Akhirnya setelah kami memberikan
kepada mereka 7 pertanyaan kami menghitung kelompok yang paling banyak mendapat
poin dan hasilnya yang paling banyak adalah kelompok merah,yang kedua kelompok
biru dan juara ketiga pun diperoleh kelompok hijau ,Kami pun memberikan
hadiah kepada masing masing kelompok ,karena kelompok merah memenangkan posisi
pertama kami memberikan hadiah pada kelompok merah terlebih dahulu kemudian
memberikan kepada kelompok biru dan terakhir kelompok hijau.
Kegiatan pada minggu
ketiga pun berakhir sebelum mereka pulang mereka mempunyai kegiatan rutin untuk
berdoa terlebih dahulu sebalum pulang .Kami pun akhirnya harus menutup kegiatan
pada minggu ketiga kami dengan sangat senang karena kami telah
menyelesaikan minggu ketiga dengan lancar.
E.
KELOMPOK
4 - Pertemuan ke 4
Hari,
Tanggal: Jumat, 17 November 2017
Tempat:
TK Cempaka Wangi
Nama Anggota yang hadir:
- Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
- Nawaf - 2101675400 [Anggota]
- Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
- Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada tanggal 17 November
2017, merupakan kegiatan kami yang keempat. Seperti biasa kami pergi ke TK
Cempaka Wangi untuk mengajar anak anak disana. Kegiatan dimulai seperti biasa
pada jam 8:30 pagi. Kami pun memasuki kelas dan tidak lupa member salam. Anak
anak menjawab salam kami dengan gembira karena mereka sangat senang kami datang
lagi. Kemudian mereka bertanya kepada kami kegiatan apa yang akan kami lakukan
bersama mereka minggu ini. Pada minggu ini kegiatan yang kami berikan adalah
seni melipat kertas atau biasa disebut origami yang berasal jepang.
Origami yang kami buat
pada minggu ini adalah membuat burung bangau. Kami pun membagi anggota kelompok
kami ke setiap meja untuk mengajarkan cara membuatnya. Awalnya kami merasa
kesusahan dalam mengajarkannya akan tetapi, dengan penuh kesabaran dan
semangat kami untuk mengajari mereka, pada akhirnya banyak juga dari
mereka yang memiliki bakat seperti cepat bisa dalam membuatnya dengan sekali
cara yang kami berikan, ada pula yang memang sudah pernah membuatnya tetapi
belum terbentuk dengan rapi, setelah beberapa kali kami mengajarkan, kami
menguji daya ingat mereka untuk membuatnya dari awal dengan langkah demi
langkah yang sudah kami berikan, tentunya kami masih membimbing mereka sedikit
demi sedikit sampai jadi.
Akhirnya mereka pun
menyelasaikan origami itu, dan kami meminta mereka untuk memberikan origami
yang telah mereka buat kepada orang tua mereka. Jam pun sudah menunjukkan
10:00 seperti biasanya mereka dengan rutin untuk membaca do’a sebelum
pulang serta memberi salam kepada ibu guru. Kami pun pulang bersama dengan hati
yang gembira.
F.
KELOMPOK
4 - Pertemuan ke 5
Hari,
Tanggal: 24 November 2017
Tempat:
TK Cempaka Wangi
Nama Anggota yang
hadir:
- Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
- Nawaf - 2101675400 [Anggota]
- Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada
tanggal 24 November 2017 dimana itu adalah minggu terakhir kami mengajar
anak-anak TK Cempaka Wangi. Kami memulai pagi hari kami dengan semangat juga
sedih dikarenakan hari terakhir,maka pada jam 08:30 kami tiba dan
langsung memasuki kelas, mereka pun mulai bertanya-tanya untuk kegiatan minggu
ini, terlihat begitu sedih di wajah mereka saat mendengar bahwa minggu ini
adalah minggu terakhir kami bersama mereka, lalu kami mencoba membangkitkan
semangat mereka kembali dengan bergembira bersama.
Kami
membuat hari terakhir kami bersama mereka dengan menari bersama dalam menarikan
baby shark yang sedang trending saat ini. Tanpa kami sangka mereka jauh lebih
tau tentang tarian tersebut dan membuat mereka bersemangat dalam memperagakan
tariannya. Setelah sesi menari bersama kami mengajak mereka untuk membagi
kelompok yang dimana nantinya mereka akan kami suruh tampil perkelompok,
dan kelompok yang paling bagus tariannya akan kami beri hadiah lebih awal.
Tentunya semua kelompok mendapatkannya , hanya saja kamu ingin melihat seberapa
antusiasnya mereka dalam mendapatkan hadiah lebih awal. Setelah dari setiap
kelompok tersebut memperagakan tariannya, kami mulai berunding untuk kelompok
mana yang berhak mendapatkan hadiah lebih awal. Pada akhirnya kami memutuskan
bahwa kelompok hijau lah yang memenangkan posisi pertama disusul oleh tim merah
dalam juara kedua dan yang terakhir adalah kelompok hijau.
Disaat
kami mulai membagikan hadiahnya kamipun merasa senang atas antusiasme mereka di
hari terakhir ini , senang atas keberhasilan kami selama 5 minggu mengajar di
TK Cempaka Wangi. Kami pun menutup kegiatan kami dengan salam serta doa yang
kami panjatkan bersama dan kami pun berterima kasih kepada anak-anak dan
guru-guru selaku yang mengizinkan untuk melakukan kegiatan di TK Cempaka wangi.
Hal yang dapat kami pelajari dalam kegiatan ini adalah harus dengan sabar dalam
menghadapi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan kami berharap apa
yang sudah kami ajarkan dapat menjadi bekal untuk mereka kedepannya agar lebih
menyayangi binatang dan mengetahui tentang binatang.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari kegiatan yang
berlangsung selama kurang lebih 5 minggu ini, kesimpulan dari kami adalah
pendidikan itu penting tapi bukanlah yang utama melainkan sikap atau
budi pekerti yang baiklah yang menuntun
menjadi pribadi yang baik. Tidak hanya pada diri sendiri melainkan untuk sesama
makhluk hidup. Tanpa adanya pendidikan pun, tidak mungkin sebuah bangsa akan
berdiri. Bangsa yang baik adalah bangsa yang berpendidikan dan berintegritas
tinggi. Dengan adanya kasih sayang terhadap sesama manusia ataupun makhluk
hidup lainnya dapat juga mengasah kemampuan kreatifitas serta kemampuan
bersosialisasi maka diharapkan anak didik ini nantinya akan tumbuh menjadi
bangsa yang mempunyai intelektual dan juga mempunyai jiwa yang sadar akan
Pancasila.
B.
Saran
Menurut kami Pendidikan
di Indonesia masih sangat kurang. Terutama dalam hal kepedulian terhadap sesama
makhluk hidup. Banyak anak sekarang yang masih kurang peduli terhadap kepada sesama
mahluk hidup. Maka dari itu kita harus lebih mendidik anak dengan baik, lebih
baik mendidik anak dari usia dini agar kelak pada saat mereka bertumbuh besar
mereka sudah mengerti dengan baik dan menggunakannya dalam kehidupan sosial
atau kehidupan sehari-hari.
C.Reflesi
Setiap Anggota
Ghozi Arief RAhvy:
Pengalaman mengajar di TK Cempaka Wangi merupakan pengalaman yang sangat
berarti bagi saya. Karena disanalah saya mendapatkan pengalaman pertama menjadi
seorang pengajar. Disana saya belajar banyak ha seperti salah satunya adalah
kesabaran. Saya harus tetap sabar menghadapi anak-anak meskipun saya dalam
keadaan yang kurang fit sehingga bisa tetap memberikan pengajaran kepada
anak-anak dengan tetap semangat. Saya pun akhirnya mengerti rasanya menjadi
seorang guru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Harus bersabar, tetap
percaya diri, dan teteap professional dalam menjalani pekerjaannya. Kegiatan
ini sangatlah bermanfaat bagi kelompok kami, karena dikegiatan inilah kami
mendapatkan pengalaman baru dan pelajaran baru.
Ananta Pratama: selama
saya mengajar di tk cempaka wangi saya mendapat pelajaran bahwa mengajar itu
bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Saya belajar banyak tentang kesabaran
selama saya mengajar disana. Terkadang saat keadaan saya tidak baik dan harus
mengajar tetap ceria atau tersenyum dengan paksaan untuk menahan emosi saya
agar semua berjalan dengan lancar. Akhirnya saya tau apa yang dirasakan
guru-guru disaat mereka mengajar bahwa mengajar itu bukanlah hal yang mudah
untuk dilakukan dan bukanlah yang sepele. Akan tetapi saya juga merasakan
adanya kasih sayang yang mereka berikan kepada saya sangat besar. Sehingga saya
merasakan semuanya akan baik baik saja saat keadaan saya sedang tidak baik.
Intinya banyak pelajaran sayng saya dapatkan saat saya mengajar disana termasuk
pelajaran untuk berkerja sama dengan tim.
Nawaf : mengajar di TK
Cempaka Wangi mengajarkan saya untuk lebih bisa lagi menyayangi anak-anak juga
melatih kesabaran. Dalam kegiatan ini pun mengajarkan saya bagaimana cara yang
baik dalam beradaptasi di lingkungan baru, bekerjasama dalam tim, memahami
kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun rasa grogi dan tidak percaya
diri itu ada di minggu pertama saya mengajar, minggu ke minggu saya lewati pada
akhirnya pun saya merasa senang dan bangga bisa berpatisipasi dalam kegiatan
ini.
Salsabila
: mengajar di TK Cempaka Wangi menambah pengalaman untuk saya. Dan mengajarkan
saya agar saya bisa lebih percaya diri, peduli kepada anak anak dan melatih
kesabaran. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat, saya bisa belajar
bagaimana untuk mengerti anak-anak, melatih kepercayaan diri pada saat
mengajarkan materi kepada anak-anak, solidaritas terhadap tim, dan saling
membantu satu sama lain. Rasa grogi dan takut pasti ada karena saya sendiri kurang
percaya diri dalam mengajar, saya sangat senang dan gembira bisa berpartisipasi
dalam kegiatan ini.
Samantha Nathanielle Nawilis: Mengajar di TK Cemaka
Wangi menambah pengalaman untuk saya dalam percaya diri dan lebih bersabar
juga dalam menghadapi anak-anak .Dalam
kegiatan ini saya dapat banyak belajar dan bermanfaat bagi saya kedepannya,saya
juga dapat belajar lebih percaya diri walapun sebelumnya saya adalah orang yang
penakut ,saya sangat merasa senang dalam menjalani kegiatan mengajar ini, dapat
saya jadikan pengalaman yang berharga dan banyak memberikan saya pelajaran
untuk lebih baik.
Kartu Monitoring.
Kartu Monitoring.






Komentar
Posting Komentar