Langsung ke konten utama

Final Project

CBDC – TFI
Character Building  Pancasila







            MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP



Identitas Kelompok 4

No
Nim
Nama
Jabatan (ketua, sekertaris, anggota)
·          
2101666573
Ghozi Arief Rahvy
Ketua
·          
2101715360
Ananta Pratama
Anggota
·          
2101670936
Salsabila A. Mahbub
Anggota
·          
2101663514
Samantha N. Nawilis
Anggota
·          
2101675400
Nawaf
Anggota





Kelas
LA 33






BINUS UNIVERSITY
2017-2018


HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR

Project Luar Kelas Character Building Pancasila


1.
Judul Project
:
Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
2
Lokasi Project
:
TK Cempaka Wangi Jl. Cempaka Putih Barat II B No. 24 Jakarta Pusat
3
Kelompok target kegiatan
:
Kelompok Anak Usia Dini
4.
Nama Anggota Kelompok
:
Kelompok 4

1.
:
Ghozi Arief Rahvy

2.
:
Ananta Pratama

3
:
Salsabila A. Mahbub

4.
5.

:
:
Samantha N. Nawilis
Nawaf


5
Mata Kuliah
:
Character Building Pancasila
6
Kelas
:
LA 33
7.
Dosen
:
Christofora Megawati T




Jakarta, 13 Oktober 2017

Mengetahui





(Christofora Megawati T)
Dosen CB Pancasila

KetuaKelompok





( Ghozi Arief Rahvy )




DAFTAR ISI


HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL………………………………………….        2

Daftar Isi ……………………………………………………………………………...         3

BAB I : PENDAHULUAN…………………………………………………...………        4
I. Latar Belakang……………………………………………………..………          4
II. Permasalahan………………………………………………….…………..          5
III. Tujuan…………………………………………………... ……………….          5

BABII :METODE KEGIATAN ……………………………….……………….…..           6
I. Kegiatan…………………………………………………………….……..           6
II. Waktu dan Tempat Pelaksanaan ………………………………………….          6

BABIII :MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP………………………………………………………...        7














BAB I

Pendahuluan


                   I.            Latar Belakang

Di era moderenisasi saat ini, meskipun banyaknya  media informasi tidak membuat anak-anak menjadi lebih peduli terhadap sesama makhluk hidup tanpa adanya ajakan atau dorongan dari para orang dewasa sehingga masih banyak anak-anak yang kurang mengerti tentang pentingnya menyayangi makhluk hidup.

Binatang adalah kelompok utama dari multiseluler, organisme eukariotik dari Animalia kingdom atau Metazoa. Binatang bisa juga disebut dengan fauna maupun satwa, binatang adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta.

Sudah banyak media yang mengangkat tema pengenalan binatang bagi anak usia dini di pasaran saat ini, seperti poster binatang dan buku-buku ensiklopedia namun sayangnya hingga saat ini, media-media tersebut belum mampu menjadi media pengenalan binatang yang dapat menarik anak untuk melestarikan, melindungi, dan menyayangi binatang. Pada masa usia 5 sampai 7 tahun anak mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima rangsangan, anak mudah sekali menangkap hal-hal yang di anggap baru sehingga penting sekali untuk anak mempelajari tentang binatang.

                II.            Permasalahan

Saat ini, masih ada saja anak-anak yang menyiksa atau melakukan kekerasan terhadap makhluk hidup salah satunya seperti Kucing liar. Biasanya mereka terpengaruh dari film atau game yang mengandung kekerasan mereka mencontoh hal tersebut dan menjadikan binatang liar sebagai objek pelampiasan.
             III.            Tujuan

            Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK berbudi pekerti yang baik, membuat suatu karya yang bertemakan binatang, dan lebih meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap hewan liar maupun hewan yang dilindungi. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik anak usia dini agar mengetahui tentang pendidikan Pancasila tepatnya pada sila ke-2 yang berbunyi “kemanusian yang adil dan beradab”




















BAB II

Metode Kegiatan

       I.            Untuk melakukan kegiatan tersebut, maka berikut adalah daftar rencana kegiatan yang akan kami lakukan.


    II.            Waktu dan Tempat Pelaksanaan



NO
KEGIATAN
HARI / TANGGAL
WAKTU
TEMPAT
1
Menggambar hewan bebas
Jumat 20-10-2017
08.00-10.00
Tk Cempaka Wangi
2
Mewarnai hewan
Jumat 27-10-2017
08.00-10.00
Tk Cempaka Wangi
3
Bermain mini game
Jumat 10-11-2017
08.00-10.00
Tk Cempaka Wangi
4
Melipat Origami
Jumat 17-11-2017
08.00-10.00
Tk Cempaka Wangi
5
Menari Baby Shark bersama
Jumat 24-11-2017
08.00-10.00
Tk Cempaka Wangi












BAB III

Mengajarkan Anak Untuk Saling Menyayangi Sesama Makhluk Hidup




                  Terkadang ada banyaknya hewan-hewan yang masih dianggap tidak pantas untuk mendapatkan kasih sayang manusia walaupun sebenarnya mereka juga membutuhkan lingkungan hidup yang bisa membua tmereka berada dalam zona nyaman layaknya manusia yang tinggal dengan nyaman di lingkungannya. Sebab secara hokum alam hewan sangatlah penting bagi ekosistem. Dengan menyayangi sesame makhluk hidup berarti sama dengan kita menjaga keseimbangan ekosistem yang dimana saling berhubungan dan tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya
     
                  Hal ini bisa di katakana bahwa terjadinya simbiosis mutualisme antara makhluk hidup yang tidak hanya saling menguntungkan dari segiekosistem, manusia selalu membutuhkan yang namanya makanan begitupun hewan, keduanya membutuhkan lingkungan untuk mempertahankan hidup dan beradaptasi, dalam artian jika kehidupan manusia dan hewan berjalan dengan harmonis maka akan menciptakan suatu lingkungan baik.

                  Maka dari itu kami bertujuan untuk mengajarkan anak-anak TK pentingnya menjaga dan melestarikan hewan agar anak-anak bisa menyadari bahwa tidak hanya menyayangi sesama manusia tetapi juga menyayangi tiap-tiap makhluk hidup yang ada di dunia.











BAB IV

PELAKSAAN KEGIATAN MENGAJARKAN ANAK UNTUK SALING MENYAYANGI SESAMA MAKHLUK HIDUP




A.

Notulen Rapat
Hari/Tanggal   : Jum’at, 6 Oktober 2017
Waktu              : 10.00 WIB – 11.00 WIB
Tempat            : TK Cempaka Wangi, Jakarta Barat
Peserta Hadir  : Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota] 
  Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Agenda           : Pembahasan Tentang:
                       
1. Hari dan waktu mengajar di TK Cempaka Wangi
                        2. Materi yang akan disampaikan saat mengajar.
                        3. Pembagian tugas


KEPUTUSAN-KEPUTUSAN
1.                  Sepakat untuk mengajar di TK Cempaka Wangi setiap hari Jum’at dimulai pada jam 08:30 WIB, sebanyak 5 (lima) kali pertemuan.
2.                  Materi yang disepakati secara rinci, antara lain:
·         Minggu Pertama         : Menggambar hewan bebas
·         Minggu Kedua            : Mewarnai hewan
·         Minggu Ketiga            : Mini games
·         Minggu Keempat        : Melipat Origami
·         Minggu Kelima           : Menari bersama
3.                  Satu kelas diisi oleh kami yang berjumlah 5 orang, kelas yang kami ajarkan adalah kelas TK B yang berusia 5-6 tahun.



B.
 KELOMPOK 4 - Pertemuan 1 
Hari, Tanggal: Jumat, 20 Oktober 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi 


Nama Anggota yang hadir: 
  • Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  • Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota] 
  • Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  • Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  • Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]

Pada tanggal 20 Oktober 2017 kami mengunjungi TK Cempaka Wangi yang terletak di daerah Cempaka Putih untuk melaksanakan tugas dalam rangka melakukan kegiatan sosial  yang bertemakan kemanusiaan . Di hari pertama kami mengajar  pada jam 08.03 pagi,  kami disambut oleh anak-anak dengan penuh semangat. Kami memulainya dengan mencoba mengeksplor atau menggali kemampuan anak anak dalam segi keterampilan (menggambar) dan tema yang kami berikan adalah tentang fauna yang mereka sukai.
Kami disini mengajar untuk kelas TK B yang terdiri dari 21 anak yang mempunyai imajinasi yang luas. Semangat kami membara atau menjadi tinggi untuk melakukan sesuatu yang membuat mereka mengeluarkan imajinasinya dan membuat mereka senang apa yang mereka lakukan. Maka dari itu kami memberikan sebuah tugas untuk mereka kerjakan.
Di sesi pertama mereka banyak mengeluarkan ide ide yang sangat unik dan mereka membuat kami ingin mengetahui apa yang mereka gambarkan. Di sesi kedua kami memberikan tugas untuk yang berikutnya yaitu mewarnai yang mereka gambarkan.  Selama kami memberikan tugas ini, mereka terlihat senang dalam melakukan kegiatan yang kami berikan. Disini kami terkejut dengan hasil hasil yang mereka lakukan karena mereka mengeluarkan ide ide yang bisa di katakan sulit untuk di tebak.
 Setelah itu, kami telah selesai melakukan kegiatan mengajar di hari pertama dan mereka menunggu kami di hari berikutnya untuk bertemu kami dan mengerjakan apa yang kami berikan untuk mereka. Disitu kami melihat antusias dari muka meraka untuk melakukan sesuatu yang baru yang membuat mereka senang akan apa yang mereka lakukan.






C.
KELOMPOK 4 - Pertemuan ke 2
Hari, TAnggal: Jumat, 27 Oktober 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi


Nama Anggota yang hadir: 
  • Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  • Ananta Pratama - 2101715360 [Anggota] 
  • Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  • Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  • Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]

Pada tanggal 27 Oktober 2017 kami melakukan kegiatan mengajar di TK Cempaka Wangi. Ini merupakan kegiatan mengajar kami yang ke 2. Kami mengajar pada jam 8.30 pagi kami bertemu dengan mereka dengan sangat senang dan bersemangat, mereka pun juga menyambut kedatangan kami dengan antusias.Kami pun memulai dengan mengucapkan salam dan selalu mencoba mengingatkan kembali kepada mereka nama-nama  kami satu per satu. Sebagian dari mereka masih mengingat kami ,kami sangat senang karena mereka masih mengingat kami dan menyambut kami dengan semangat mereka.
 Di minggu ke dua ini tema  kami dalam melakukan kegiatan mengajar adalah mewarnai. kami telah menyediakan gambar  berupa hewan singa,monyet,ayam, dan kucing. banyak anak-anak yang  sangat senang  dalam mewarnai  rata-rata yang mereka sukai adalah mewarnai  hewan kucing dan singa. dari semua anak yang ada, kami melihat anak perempuan lebih suka mewarnai  kucing sedangkan anak laki-laki lebih menyukai singa. Anak-anak sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini. Mereka mewarnai dengan warna yang mereka sukai dan mereka bebas berkreasi dengan warna yang mereka inginkan. Setelah sesi mewarnai dengan warna bebas, lalu kami mengajarkan kepada mereka cara disiplin mewarnai, dalam kegiatan tersebut kami membimbing anak- anak agar mewarnai dengan benar, seperti  mewarnai  dengan tidak melewati garis. setelah mereka mewarnai kita meminta anak anak untuk mendeskripsikan hewa- hewan yang telah mereka warnai. Kami pun memberikan apresiasi berupa tepuk tangan.
Setelah berapa lama, tidak terasa jam sudah menunjukan pukul 10:00 yang menunjukan bahwa sudah waktunya anak-anak untuk pulang. Kami pun berpamitan kepada mereka dengan mengucapkan salam kemudian mereka menjawab salam kami. Setelah itu kami keluar kelas dan berpamitan dengan guru-guru yang sedang berada di ruang guru.  





D.
KELOMPOK 4 - Pertemuan ke 3
Hari, Tanggal: Jumat, 10 November 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi


Nama Anggota yang hadir:
  • Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  • Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  • Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  • Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota
Pada tanggal 10 November 2017 kami memulai minggu yang ke 3 seperti biasanya kami disambut dengan hangat dan ceria oleh anak-anak TK Cempaka Wangi .Kami mengawali dengan mengucapkan salam kepada mereka ,merekapun menjawab salam dan mereka bertanya-tanya apa yang akan kami ajarkan pada minggu ke tiga ini ,kami memberitahu mereka bahwa pada minggu ketiga ini kami akan bermain sambil belajar dengan kuis,  mereka dengan sangat senang mengatakan bahwa mereka juga menyukai kuis , setelah itu kami memberitahu kepada mereka bahwa kami mengingatkan dahulu materi yang kami berikan sebelumnya. Semangat tanpa kenal lelah  seperti biasanya kami memulai kegiatan kami pada hari ketiga ini
Karena tema kami pada minggu ini adalah belajar sambil bermain kami memberikan kuis tentang ciri-ciri hewan dan habitat hewan itu,kami membagi mereka menjadi tiga kelompok yaitu kelompok merah,biru,dan hijau. Kami memberi peraturan bermain yaitu kami akan memberikan pertanyaan dan kami hitung satu sampai tiga jika mereka dapat menjawab pertanyaan kami mereka harus mengangkat tangan mereka  terlebih dahulu jika yang tercepat mengangkat tangan, kami akan menunjuk mereka dan mereka dapat kesempatan untuk menjawab. Pertanyaan yang kami berikan berupa ciri-ciri dengan hewan yang bertempat tinggal di darat ,air dan udara. Mereka pun mengangkat tangan dengan berebut untuk mendapat poin tertinggi dalam kelompok mereka dangan  penuh semangat. Akhirnya setelah kami memberikan kepada mereka 7 pertanyaan kami menghitung kelompok yang paling banyak mendapat poin dan hasilnya yang paling banyak adalah kelompok merah,yang kedua kelompok biru dan juara ketiga pun diperoleh kelompok  hijau ,Kami pun memberikan hadiah kepada masing masing kelompok ,karena kelompok merah memenangkan posisi pertama kami memberikan hadiah pada kelompok merah terlebih dahulu kemudian memberikan kepada kelompok biru dan terakhir kelompok hijau.
Kegiatan pada minggu ketiga pun berakhir sebelum mereka pulang mereka mempunyai kegiatan rutin untuk berdoa terlebih dahulu sebalum pulang .Kami pun akhirnya harus menutup kegiatan pada minggu ketiga kami dengan  sangat senang karena kami telah menyelesaikan minggu ketiga dengan lancar.



E.
KELOMPOK 4 - Pertemuan ke 4
Hari, Tanggal: Jumat, 17 November 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi


Nama Anggota yang hadir:

  • Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua]
  • Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  • Salsabila A. Mahbub - 2101670936 [Anggota]
  • Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada tanggal 17 November 2017, merupakan kegiatan kami yang keempat. Seperti biasa kami pergi ke TK Cempaka Wangi untuk mengajar anak anak disana. Kegiatan dimulai seperti biasa pada jam 8:30 pagi. Kami pun memasuki kelas dan tidak lupa member salam. Anak anak menjawab salam kami dengan gembira karena mereka sangat senang kami datang lagi. Kemudian mereka bertanya kepada kami kegiatan apa yang akan kami lakukan bersama mereka minggu ini. Pada minggu ini kegiatan yang kami berikan adalah seni melipat kertas atau biasa disebut origami yang berasal jepang.
Origami yang kami buat pada minggu ini adalah membuat burung bangau. Kami pun membagi anggota kelompok kami ke setiap meja untuk mengajarkan cara membuatnya. Awalnya kami merasa kesusahan dalam mengajarkannya akan tetapi, dengan penuh kesabaran  dan semangat kami untuk mengajari mereka, pada akhirnya  banyak juga dari mereka yang memiliki bakat seperti cepat bisa dalam membuatnya dengan sekali cara yang kami berikan, ada pula yang memang sudah pernah membuatnya tetapi belum terbentuk dengan rapi, setelah beberapa kali kami mengajarkan, kami menguji daya ingat  mereka untuk membuatnya dari awal dengan langkah demi langkah yang sudah kami berikan, tentunya kami masih membimbing mereka sedikit demi sedikit sampai jadi.
Akhirnya mereka pun menyelasaikan origami itu, dan kami meminta mereka untuk memberikan origami yang telah mereka buat kepada orang tua mereka. Jam pun sudah menunjukkan 10:00  seperti biasanya mereka dengan rutin untuk membaca do’a sebelum pulang serta memberi salam kepada ibu guru. Kami pun pulang bersama dengan hati yang gembira.











F.
KELOMPOK 4 - Pertemuan ke 5 
Hari, Tanggal: 24 November 2017
Tempat: TK Cempaka Wangi 


Nama Anggota yang hadir: 
  • Ghozi Arief Rahvy - 2101666573 [Ketua] 
  • Nawaf - 2101675400 [Anggota]
  • Samantha N. Nawilis - 2101 663514 [Anggota]
Pada tanggal 24 November 2017 dimana itu adalah minggu terakhir kami mengajar anak-anak TK Cempaka Wangi. Kami memulai pagi hari kami dengan semangat juga sedih dikarenakan hari terakhir,maka  pada jam 08:30 kami tiba dan langsung memasuki kelas, mereka pun mulai bertanya-tanya untuk kegiatan minggu ini, terlihat begitu sedih di wajah mereka saat mendengar bahwa minggu ini adalah minggu terakhir kami bersama mereka, lalu kami mencoba membangkitkan semangat mereka kembali dengan bergembira bersama.
Kami membuat hari terakhir kami bersama mereka dengan menari bersama dalam menarikan baby shark yang sedang trending saat ini. Tanpa kami sangka mereka jauh lebih tau tentang tarian tersebut dan membuat mereka bersemangat dalam memperagakan tariannya. Setelah sesi menari bersama kami mengajak mereka untuk membagi kelompok  yang dimana nantinya mereka akan kami suruh tampil perkelompok, dan kelompok yang paling bagus tariannya akan kami beri hadiah lebih awal. Tentunya semua kelompok mendapatkannya , hanya saja kamu ingin melihat seberapa antusiasnya mereka dalam mendapatkan hadiah lebih awal. Setelah dari setiap kelompok tersebut memperagakan tariannya, kami mulai berunding untuk kelompok mana yang berhak mendapatkan hadiah lebih awal. Pada akhirnya kami memutuskan bahwa kelompok hijau lah yang memenangkan posisi pertama disusul oleh tim merah dalam juara kedua dan yang terakhir adalah kelompok hijau.
Disaat kami mulai membagikan hadiahnya kamipun merasa senang atas antusiasme mereka di hari terakhir ini , senang atas keberhasilan kami selama 5 minggu mengajar di TK Cempaka Wangi. Kami pun menutup kegiatan kami dengan salam serta doa yang kami panjatkan bersama dan kami pun berterima kasih kepada anak-anak dan guru-guru selaku yang mengizinkan untuk melakukan kegiatan di TK Cempaka wangi. Hal yang dapat kami pelajari dalam kegiatan ini adalah harus dengan sabar dalam menghadapi  anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan kami berharap apa yang sudah kami ajarkan dapat menjadi bekal untuk mereka kedepannya agar lebih menyayangi binatang dan mengetahui tentang binatang.



BAB V

PENUTUP


A. Kesimpulan

Dari kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 5 minggu ini, kesimpulan dari  kami adalah  pendidikan itu penting tapi bukanlah yang utama melainkan sikap atau budi pekerti  yang baiklah yang menuntun menjadi pribadi yang baik. Tidak hanya pada diri sendiri melainkan untuk sesama makhluk hidup. Tanpa adanya pendidikan pun, tidak mungkin sebuah bangsa akan berdiri. Bangsa yang baik adalah bangsa yang berpendidikan dan berintegritas tinggi. Dengan adanya kasih sayang terhadap sesama manusia ataupun makhluk hidup lainnya dapat juga mengasah kemampuan kreatifitas serta kemampuan bersosialisasi maka diharapkan anak didik ini nantinya akan tumbuh menjadi bangsa yang mempunyai intelektual dan juga mempunyai jiwa yang sadar akan Pancasila.

B. Saran
            Menurut kami Pendidikan di Indonesia masih sangat kurang. Terutama dalam hal kepedulian terhadap sesama makhluk hidup. Banyak anak sekarang yang  masih kurang peduli terhadap kepada sesama mahluk hidup. Maka dari itu kita harus lebih mendidik anak dengan baik, lebih baik mendidik anak dari usia dini agar kelak pada saat mereka bertumbuh besar mereka sudah mengerti dengan baik dan menggunakannya dalam kehidupan sosial atau kehidupan sehari-hari.
C.Reflesi Setiap Anggota
           
Ghozi Arief RAhvy: Pengalaman mengajar di TK Cempaka Wangi merupakan pengalaman yang sangat berarti bagi saya. Karena disanalah saya mendapatkan pengalaman pertama menjadi seorang pengajar. Disana saya belajar banyak ha seperti salah satunya adalah kesabaran. Saya harus tetap sabar menghadapi anak-anak meskipun saya dalam keadaan yang kurang fit sehingga bisa tetap memberikan pengajaran kepada anak-anak dengan tetap semangat. Saya pun akhirnya mengerti rasanya menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Harus bersabar, tetap percaya diri, dan teteap professional dalam menjalani pekerjaannya. Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kelompok kami, karena dikegiatan inilah kami mendapatkan pengalaman baru dan pelajaran baru.
Ananta Pratama: selama saya mengajar di tk cempaka wangi saya mendapat pelajaran bahwa mengajar itu bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Saya belajar banyak tentang kesabaran selama saya mengajar disana. Terkadang saat keadaan saya tidak baik dan harus mengajar tetap ceria atau tersenyum dengan paksaan untuk menahan emosi saya agar semua berjalan dengan lancar. Akhirnya saya tau apa yang dirasakan guru-guru disaat mereka mengajar bahwa mengajar itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan bukanlah yang sepele. Akan tetapi saya juga merasakan adanya kasih sayang yang mereka berikan kepada saya sangat besar. Sehingga saya merasakan semuanya akan baik baik saja saat keadaan saya sedang tidak baik. Intinya banyak pelajaran sayng saya dapatkan saat saya mengajar disana termasuk pelajaran untuk berkerja sama dengan tim.
Nawaf : mengajar di TK Cempaka Wangi mengajarkan saya untuk lebih bisa lagi menyayangi anak-anak juga melatih kesabaran. Dalam kegiatan ini pun mengajarkan saya bagaimana cara yang baik dalam beradaptasi di lingkungan baru, bekerjasama dalam tim, memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun rasa grogi dan tidak percaya diri itu ada di minggu pertama saya mengajar, minggu ke minggu saya lewati pada akhirnya pun saya merasa senang dan bangga bisa berpatisipasi dalam kegiatan ini.
            Salsabila : mengajar di TK Cempaka Wangi menambah pengalaman untuk saya. Dan mengajarkan saya agar saya bisa lebih percaya diri, peduli kepada anak anak dan melatih kesabaran. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat, saya bisa belajar bagaimana untuk mengerti anak-anak, melatih kepercayaan diri pada saat mengajarkan materi kepada anak-anak, solidaritas terhadap tim, dan saling membantu satu sama lain. Rasa grogi dan takut pasti ada karena saya sendiri kurang percaya diri dalam mengajar, saya sangat senang dan gembira bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Samantha Nathanielle Nawilis: Mengajar di TK Cemaka Wangi menambah pengalaman untuk saya dalam percaya diri dan lebih bersabar juga  dalam menghadapi anak-anak .Dalam kegiatan ini saya dapat banyak belajar dan bermanfaat bagi saya kedepannya,saya juga dapat belajar lebih percaya diri walapun sebelumnya saya adalah orang yang penakut ,saya sangat merasa senang dalam menjalani kegiatan mengajar ini, dapat saya jadikan pengalaman yang berharga dan banyak memberikan saya pelajaran untuk lebih baik.



Kartu Monitoring.







Komentar